Ayo Sekolah

Nilai Terbaik, bukan dari Angka Terbaik

Metodologi dan Kesadaran Rasionalitas
diposting oleh yuniawan-pasca11 - 12 April 2012
kategori : Metode Sosial - 0 komentar

Diterangkan oleh Prof. Armada, bahwa metodologi adalah kesadaran rasionalitas tentang cara memandang suatu fenomena. Dalam hal ini, data bukan sekedar angka yang bisa dihitung. Data bukan sekedar bilangan statistika saja. Dijelaskan oleh Prof. Armada, bahwa data itu menyangkut pengalaman manusia. Sementara validitas, berbicara tentang hitungan yang valid, meski tidak harus selalu matematika. Bahkan sebenarnya, matematika itu justru sesuatu yang abstrak.     

Sehubungan dengan metodologi, yang disebut ilmu baru itu, apakah ilmu sebagai ilmu, ataukah perspektif atau metodologi yang baru? Dalam hal ini, data harus dipandang dapat menuntut perjalanan manusia, hingga terjadinya suatu reduksi. Sebagai contoh, tentang bagaimana cara kita memandang fenomena konflik? Secara metodologis, konflik dapat dipandang sebagai kekerasan yang mendominasi. Namun di sisi lain, dapat disebut sebagai wujud dari ketidakadilan. Bisa juga disebut sebagai kesenjangan sosial, peran sosial, atau bahkan ajang terjadinya komunikasi sosial. Namun secara filsafati, Karl Marx dalam kacamata metafisiknya memang telah memandang manusia dari kodratnya, sebagai makhluk yang saling bertentangan. Untuk itu, Karl Marx lantas mengusulkan adanya masyarakat tanpa klas, sehingga mendorong kelahiran komunisme di muka bumi ini.

Contoh lain, misalnya dalam fenomena bencana. Bencana bisa dipandang sebagai sebuah musibah. Bisa juga dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan, atau yang menghancurkan. Namun bisa jadi, musibah juga dipandang sebagai media untuk melatih kesabaran. Atau dalam bencana gunung berapi, bahkan bisa dipandang sebagai fenomena yang member kehidupan melalui kesuburan tanah yang ditinggalkan, pasca terjadinya letusan perut bumi.



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :