Ayo Sekolah

Nilai Terbaik, bukan dari Angka Terbaik

Metodologi Penelitian dan Pemahamannya
diposting oleh yuniawan-pasca11 - 12 April 2012
kategori : Metode Sosial - 0 komentar

Pemahaman terhadap penelitian, seperti halnya yang disampaikan Aguste Comte, yakni “Jangan hanya sebagai pencatat!” Sementara seperti yang dikatakan oleh Karl Marx, bahwa agar tidak tenggelam dan larut, perlu merubah dan berubah. Penelitian sebagai ilmu baru, akan dapat merubah. Sementara mengenal masyarakat dengan lebih mendalam, akan menghantarkan kita untuk berubah. 

Perpsektif metodologi ilmu pengetahuan, menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan harus bisa merubah, dan bukan sekedar prosedural. Analisis yang berakar dari pemahaman mendalam, dapat digunakan untuk merubah. Ilmu, akan memberikan kontribusi metodologi.

Dalam perspektif metodologi Karl Marx misalnya, telah menyentuh keberadaan sistem yang rusak. Sistem di sini, berperan sebagai konsekuensi dari manusia, yang kemudian menelurkan ideologi pasar dan ideologi kapitalisme. Jadi, mengapa ada banyak korban yang terluka karena sistem? Hal ini disebabkan, adanya pemilik pasar sebagai penguasa modal. Bahkan kini, orang kaya mampu menggoyahkan pasar. 



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :